HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN (ANXIETY) DOKTER GIGI DENGAN KESIAPAN PRAKTIK KEMBALI DI MASA TRANSISI PANDEMI COVID 19 di INDONESIA (STUDI PENDAHULUAN)

11 Halaman

Penulis

, , ,

ISSN

2597-4912 (ONLINE)

Penerbit

University of Brawijaya, Indonesia

Diterbitkan pada

09/12/2021

Bahasa

Indonesia

Kata Kunci

, ,

Abstrak

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 yang terjadi Maret 2020 membuat dokter gigi membatasi atau bahkan tidak melakukan kegiatan pelayanannya. Mewaspadai hal ini, PBPDGI mengeluarkan surat edaran nomor : 2776/PB PDGI/III-3/2020 tentang Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi Covid-19. Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan tingkat kecemasan dokter gigi dengan kesiapan praktik serta dalam menjalankan praktik di masa transisi Pandemi Covid-19 di Indonesia. Metode: Cross-sectional, purposive sampling, dan instrumen penelitian menggunakan Google Forms yang disebarkan melalui media sosial Whatsapp. Variabel bebas = kecemasan dokter gigi, variabel terikat = kesiapan dokter gigi untuk praktik kembali (tangible dan intangible). Hasil uji validitas dan reliabilitas 25 dokter gigi di Malang didapatkan data kesiapan sarana prasarana dokter gigi dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru. Hasil penelitian: Hasil kesiapan tangible 64,28% APD level 3, sirkulasi exhaust 50%, intraoral kanula suction 42,85%, extraoral suction 35,71%, respirator 21,42%, sedangkan kesiapan ruangan bertekanan negatif dan hepa filter 14%. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan kesiapan praktik dokter gigi di masa transisi pandemi Covid-19, baik dari sisi tangible maupun intangible.

Kata Mereka

Testimoni Pengguna M3

Di zaman sekarang yg serba online M3 sangat membantu dalam pembelajaran, materinya yang lengkap, serta lebih membantu saya dalam memahami beberapa mata kuliah yang sulit, tampilannya juga menarik sehi...

Adinda Afifah Saharudin

Adinda Afifah Saharudin

Poltekkes Kemenkes Makassar

Aplikasinya bagus 👍, easy to use 😄, video juga ga terlalu panjang jadi ga ngebosenin 😍 but mungkin tulisannya bisa diberi warna-warna lain pada bagian-bagian yang perlu bnaget ...

Qothrunada Zakiyah

Qothrunada Zakiyah

Poltekkes Kemenkes Surakarta

Seneng banget nemu aplikasi yang sangat bermanfaat, materi dan soal-soalnya ngebantu banget. Penjelasan materinya juga lengkap, bahkan disertai video. Sangat membantu sekali, Terimakasih.

Fanny Ayu Rahmawan

Fanny Ayu Rahmawan

Universitas Airlangga